Jumat, 06 Juni 2014

Memperkenalkan Bahasa Inggris Untuk Pemula



Banyak dikalangan siswa baik SMP, SMA, dan MAHASISWA yang masih bingung atau belum memahami jika membuat kalimat. Mereka belum tahu, termasuk tenses apa yang mereka tulis itu. Apakah tenses present tense to be atau simple present tense. Sehingga, ketika mereka membuat kalimat keliru atau terbalik. Mereka menuliskan kalimat yang seharusnya memakai simple present, tapi seolah tensesnya present tense to be. Karena mereka membuat kalimat yang subjectnya diikuti kata kerja, tetapi memakain  to be (am, are ,is) setelah subjectnya.  Seperti ini contohnya; he is go, we are eat, I am study. Kalimat-kalimat itu tentunya salah, karena dalam tenses simple present tense subjectnya tidak pernah memakai to be. Seharusnya yang benar adalah; he goes, we eat, I study.

Coba sekarang kita perhatikan penjelasan tenses present tense to be. Dalam tenses ini subjectnya harus memakai to be alasannya karena subjectnya diikuti oleh kata sifat, kata benda dan kata keterangan tempat. Sebagai contoh begini; kamu haus = you are thirsty, kami adalah siswa = we are students, dia ada di rumah sekarang = he is at home now. Sebaliknya jika subjectnya tidak memakai to be, maka tentu kalimat-kalimat itu salah. Tidak ada kalimat seperti ini, seperti; you thirsty, we students, he at home.

Jelas yah. Jadi, kesimpulannya subject itu tidak boleh memakai to be jika diikuti oleh kata kerja (verb) dalam konteks Simple Present Tense. Dan subject itu harus memakai to be jika diikuti oleh kata sifat, kata benda dan kata keterangan tempat dalam konteks Tenses Present Tense To Be. 

Okeh coba kita latihan

1.       Kamu adalah seorang guru baru (kata benda)
2.       Kami belajar dengan guru baru itu (kata kerja)
3.       Dia ada didalam kelas sekarang (kata ket. Tempat)
4.       Dia selalu membaca didalam kelas (kata kerja)
5.       Sodara perempuan saya sangat cantik (kata sifat)
6.       Ibu saya biasanya memberi dia uang (kata kerja)

Tugas untuk mu
Cari lima kata sifat, kata benda(profesi) dan kata keterangantempat
Cari lima kata kerja.

Kemudian buat kalimatnya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diharapkan komentar yang baik dan sopan!