Minggu, 15 Juni 2014

Cara mengetahui kata banda tunggal dan jamak



Cara mengetahui kata banda tunggal dan jamak

Sebagian kita terutama siswa masih mengalami kebingungan bagaimna membedakan kata benda tunggal dan jamak. Selain itu, mereka terkadang masih salah bagaimana menerapkannya dalam sebuah kalimat. Kesalahan mereka terkadang pada kata kerja atau auxiliary (kata kerja bantu) apakah memakai kata kerja bantu singular atau jamak.

Perhatikan kata benda tunggal dan kata benda jamak berikut ini. Kata benda berikut ini adalah kata benda yang bisa dihitung dan kata benda beraturan.

Tunggal
Jamak

Hat
Glass
Hats
glasses
Topi
Gelas
Tree
Trees
Pohon
Car
Cars
Mobil
Computer
Computers
Computer
Stone
Stones
Batu
Egg
Eggs
Ttelor
Watch
Watches
Jam tangan
School
schools
Sekolah
Teacher
Teachers
Guru
Boy
Boys
Anak laki-laki
Vegetable
Vegetables
sayuran
Television
Televisions
televisi

Berikut ini adalah kata benda yang bisa dihitung tapi tidak beraturan

Tunggal
Jamak

Man
Men
Laki-laki
Child
Children
Anak-anak
Woman
Women
Wanita
Toot
Teeth
Gigi
Foot
Feet
Kaki
Mouse
Mice
Tikus
Ox
Oxen
lembu

Juga ada kata benda yang tidak bisa dihitung. Contohnya sebagai berikut

water
Wind
Oil
Fire
Rice
Chees
Flour
Pasta
money
Blood
Salt
Dust = debu
Sand
Soap = sabun
Bread
Soup = sop

Keterangan:

Kata benda tunggal yang dapat dihitung tidak menambahkan s/es diakhir kata bendanya. Sedangkan, Kata benda jamak yang dapat dihitung harus menambahkan s/es diakhir kata bendanya. Jika kita ingin mengatakan kursi maka  = chair, jika kita ingin mengatakan kursi-kursi maka = chairs. Contoh yang lain, seorang anak = a child, ketika kita ingin mengatakan dua anak = two children. Karena anak atau child itu kata benda yang tidak beraturan, maka ketika mengatakan jamak kita tidak boleh menambahkan s/es diakhirnya. Jika kita mengatakan childrens, maka ini salah. Yang benar tetap children.

Sedangkan kata benda yang tidak bisa dihitung, sama sekali tidak boleh menambahkan s/es, tidak boleh menambahkan bilangan one, two, three dan seterusnya juga tidak boleh menambahkan article A/an. Jika mengatakan A water, two oil atau breads, maka tentu saja ini salah. Yang benar kata benda yang tidak bisa dihitung itu harus seperti bawaan dasarnya. Tidak ada perubahan padanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diharapkan komentar yang baik dan sopan!