Selasa, 10 Juni 2014

Cara menempatkan Possessive Adjective (kata sifat kepunyaan) dan Demonstrative (kata ganti tunjuk)



Diantara siswa banyak yang belum mengerti dimana meletakkan Pronoun Possessive adjective bila bertemu dengan kata benda. Possessive adj diletakkan di depan kata benda, ketika kita ingin menyatakan sesuatu kepunyaan atau sesuatu itu milik kita atau milik orang lain. Sebagai contoh saya ingin menyatakan; buku mu, rumah mereka, tas saya, guru nya(dia pr). Dalam bahasa Indonesia kata ganti orang diletakkan setelah kata benda. Kata buku diletakkan didepan kata ganti. Mu disini adalah kata gantinya. Sedangkan dalam bahasa inggris, kata ganti Possessive adj yang diletakkan didepan kata benda, menjadi Your book, their house, my bag, her teacher. Itulah aturan dalam bahasa inggris, possessive adjective harus diletakkan didepan kata benda.

Coba sekarang kita latihan:
Terjemahkan ungkapan berikut kedalam bahasa inggris

Ibu saya
Teman mu
Mobil kami
Bola mereka
Ayahnya (dia lk)
Bunganya (dia pr)
Sekolahnya Dika

Possessive adjective
Noun (kata benda)
My
Mother
Your
Friend
Our
Car
their
Ball
His
Father
her
Flower
Dika’s
School


Baik kita akan lanjutkan, sekarang bagaimana menempatkan demonstrative atau kata ganti tunjuk. Sebelum kita membahasnya, saya perkenalkan dulu demonstrative itu. Diantaranya adalah This = ini  dan That = itu. Kedua demonstrative ini untuk menyatakan kata benda tunggal atau diikuti oleh kata benda tunggal. Demonstrative yang lain adalah These = ini dan Those = itu. Kedua demonstrative ini untuk menyatakan kata benda jamak (lebih dari satu) atau diikuti oleh kata benda jamak.

Perhatikan contoh berikut, saya ingin menyatakan; tas itu, buku itu, meja ini, bunga ini. Maka bahasa inggrisnya; that bag, that book, this table, this flower.
Sedangan contoh yang jamak, seperti; pohon-pohon itu = those trees, siswa-siswa itu = those students, meja-meja ini = these tables, bunga-bunga ini = these flower.

Mudah sekali bukan cara menempatkannya?. Intinya setiap possessive adj dan demonstrative diletakkan didepan kata benda.

Trimakasih!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diharapkan komentar yang baik dan sopan!