Senin, 16 Juni 2014

Cara membedakan antara Subject dengan Possessive Adjective



Cara membedakan antara Subject dengan Possessive Adjective

Kadang kita temui beberapa tulisan siswa yang masih keliru ketika membuat kalimat-kalimat pendek atau ketika latihan menterjemahkan. Kekeliruan ini sebenarnya hal yang sepele, tapi bisa terlihat aneh dalam penulisan tersebut. Coba saja jika kita lihat, seharusnya Subject  yang diikuti oleh kata kerja (verb), tapi malah Possessive Adjective yang diikuti oleh kata kerja. Tentu ini salah. Yang benar adalah Subject itu diikuti oleh kata kerja (verb), dan Possessive Adjective itu diikuti oleh kata benda (noun).

Kita harus bisa membedakan antara kata kerja dan kata benda. Sebenarnya mudah membedakan kata kerja dan kata benda itu. Kata kerja yaitu kata-kata yang biasa kita ungkapkan untuk menyebutkan sebuah kegiatan atau aktifitas yang dikerjakan. Seperti, menulis, lari, bekerja, memanjat, melihat dan lain-lain. Ada ciri-ciri tertentu untuk mengetahui kata kerja. Biasanya diawali dengan imbuhan Me-, Ber-, atau kadang tidak memakai imbuhan sama sekali. Tapi kita harus tahu bahwa kata tersebut menunjukkan kepada pekerjaan atau aktifitas dari diri kita atau kelompok orang.

Sedangkan untuk mengetahui kata benda tentu sangat gampang. Kata benda yaitu kata yang menunjukkan kepada apa saja yang bisa kita pegang, lihat atau rasakan. Yang lebih jelas kata benda itu bisa kita pegang. Selain bisa kita pegang, kata benda juga  bisa kita hitung jumlahnya. Kata benda ini kita sebut kata benda yang bisa dihitung. Umpamanya, sebuah apel, sebuah rumah, dua gelas, lima siswa, sastu meja dan lain-lain.

Baiklah, kita kembali ke inti maslah. Saya akan berikan contoh kalimat yang salah dan kalimat yang benar dalam penerapan Subject dan Possessive Adjective. Perhatikan contoh-contoh kalimat yang salah berikut ini.

Ini adalah rumah kamu = this is house you
Saya akan belajar di rumah mereka = my will study at house they
Kami melihat ayah nya (pr) = our see she father
Doni datang ke rumah saya = Doni come to I house
Guru kami mengajar di sekolah = teacher we teaches at school

Kelima kalimat diatas sangat salah, kita akan perbaiki kalimta-kalimat itu menjadi kalimat yang benar.

This is your house
I will study at their house
We see her father
Doni comes to my house
Our teacher teaches at school

Jadi kesimpulannya, Subject itu diikuti oleh kata kerja dan Possessive Adjective itu diikuti oleh kata benda (noun).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diharapkan komentar yang baik dan sopan!