Senin, 09 Juni 2014

Cara mengetahui sebuah kalimat



Dalam bahasa inggris juga bahwa kalimat itu terbagi-bagi, sama halnya seperti dalam bahasa Indonesia. Sebelum mengetahui itu sebuah kalimat atau bukan maka kita harus tahu kata ganti yang biasa dipakai untuk mengawali sebuah kalimat secara umum. Kata ganti dalam bahasa inggris adalah Pronoun. Seperti saya, kamu, kami, mereka, dia(lk), dia(pr) dll. Selain dari kata ganti orang, untuk mengawali sebuah kalimat bisa juga diambil dari kata benda, baik benda hidup ataupun benda mati. Seperti rumah, sekolah, guru, ibu saya, teman kami, kebun mereka, kucingnya dll. 

Sebuah pernyataan yang apabila dia mengandung kata kerja, maka itulah kalimat. Kalimat biasanya diawali oleh pronoun/kata ganti orang, kemudian diikuti oleh kata kerja. Perhatikan contoh ini; saya datang tepat waktu, mereka selalu bermain di lapangan ini, dia membaca dengan serius. Ini adalah kalimat karena setelah subjectnya diikuti oleh kata kerja, seperti; datang, bermain, dan membaca. Kata kerja dalam sebuah kalimat itu adalah suatu yang pokok atau utama. Karena jika tidak ada kata kerja maka itu bukan dikatakan sebuah kalimat.

Pemaparan di atas adalah penjelasan untuk kalimat positif. Karena kita juga harus mengetahui pembagian kalimat seluruhnya, seperti kalimat positif, kalimat negative dan kalimat Tanya. Selanjutnya bagaimana mengetahui kalimat negative dan kalimat Tanya. 

Dalam bahasa Indonesia kalimat negative menambahkan kata tidak setelah subjectnya. Seperti saya tidak datang tepat waktu. Sedangkan dalam bahasa inggris kalimat negative harus menambahkan kata Not setelah Auxiliary (kata kerja bantu) seperti is not, are not, am not, was not, were not, have not, has not, do not, does not, will not, can not dll. Dalam bahasa inggris kita harus mengetahui tenses (jenis-jenis waktu) untuk mengetahui tenses yang mana yang harus memakai kata kerja bantu yang sesuai. Karena jika tidak paham, maka mungkin akan sembarangan memasangkan auxiliary terseebut kedalam kalimat atau bahkan mungkin  tidak memakai auxiliary sama sekali, sking tidak mengertinya. Saya kasih contoh kalimat negative bahasa inggris yang tidak memakai auxiliary; he not go to school, we not at school now, I not understand that lesson. Ini adalah tentu saja kalaimat-kalimat bahasa inggris yang salah.

Selanjutnya bagaimana mengetahui sebuah kalimat tanya. Telah diseutkan tadi bahwa kalimat dalam bahasa Indonesia ataupun bahasa inggirs memiliki kalimat Tanya. Dalam bahasa Indonesia kalimat Tanya hanya dengan menambahkan kata “apakah”, contoh; apakah kamu makan setiap hari, apakah ayahmu bekerja di kantor dll. Sedangkan dalam bahasa inggris kalimat Tanya dengan menambahkan Auxiliary di depan kalaiamatnya, contoh; does he always study, do you want to do anything, have you eaten. 

Mudah sekali untuk mengetahui sebuah kalimat, jika kalimat positif, maka kalimat itu tidak ada kata tidak atau apakah. Jika kalimat negative tentu ada kata tidak setelah subjectnya. Dan apabila kalimat Tanya, ada kata “apakah” di depan subjectnya. 

Selamat mempraktekkan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diharapkan komentar yang baik dan sopan!