Kamis, 19 Juni 2014

Meminimalkan lupa dengan pelajaran bahasa inggris yang telah lalu



Meminimalkan lupa dengan pelajaran bahasa inggris yang telah lalu

Kebiasaan kita sebagai siswa adalah malas mengulang kembali pelajaran yang sudah dibahas di sekolah atau di tempat les atau di kursus. Kebiasaan ini jangan sering dilakukan karena akan semakin buruk pada hapalan dan prestasi di sekolah. Semangatilah diri sendiri dengan bagaimanapun caranya. Berfikirlah kedepan bahwa segala sesuatu yang kita kerjakan atau tekuni itu, pasti akan kita raih hasilnya di masa yang akan datang.

Coba perhatikan beberapa tips dari saya untuk belajar yang baik dan agar hasilnya maksimal diraih. Mulailah dengan membiasakan membaca yang ingin kita butuhkan. Pada saat kita membutuhkan informasi maka coba bergegas mencarinya baik lewat media televise, Koran atau internet. Jangan membiarkan menggantung apa yang ingin kita tahu, karena dizaman ini banyak cara untuk mendapatkannya dan sangat mudah untuk mengaksesnya.

Jika kita seorang pelajar maka, coba membaca apa yang ada pada buku pelajaran baik itu yang ada di buku paket, LKS atau buku catatan sendiri. Ulang-ulanglah peelajaran secara rutin dan terjadwal dengan baik. Cara yang lebih baik membaca pada saat pelajaran itu akan dibahas diesok harinya dan dibaca ulang ketika pelajaran itu sudah dibahas. Artinya begini, ketika mau belajar kita abaca dan setelahnyapun kita tetap baca. Jika terdapat hapalan penting yang harus dihapal, maka hapalkanlah sampai diluar kepala. Seperti rumus, definisi, aitem-aitem dan lain-lain.

Jika kita mampu dan ada keinginan besar maka coba diskusikan pelajaran itu dengan teman-teman. Dengan mendiskusikan pelajaran-pelajaran tersebut maka akan semakin luas cakrawala berfikir kita. Kita akan dituntut untuk tahu sebab, akibat dan solusi bagaimana penyelesaian sebuah masalah. Jika kita merutinkan berdiskusi maka semangat belajar akan meningkat, semangat mencari materi akan semakin semangat, mencari buku panduan akan semakin semangat dan semuanya akan terjadi perubahan yang bagus sekali.

Tips terakhir dari saya mungkin adalah cubalah berusaha menuliskan apapun yang kita pahami dari semua pelajaraan-pelajaran tersebut kedalam bentuka artikel. Kita tuangkan semua gagasan dan pemikiran kita dalam bentuk tulisan. Ini adalah ide yang baik jika kita rutinkan, karena jika kita melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, kita harus dituntut bisa menulis dan membuat artikel. Karena siswa yang baik adalah membuat sebuah karya ilmiah untuk memaparkan atau menjelskan apapun yang kita miliki, sehingga orang lain bisa mengambil manfaat ilmu dan pelajaran. Selain itu dengan memiliki kemampuan menulis, kita akan jauh terbebas dari namanya Copast (copy paste) dari artikel orang lain, jika guru kita menugaskan kita membuat sebuah karya ilmiah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diharapkan komentar yang baik dan sopan!