Jumat, 13 Juni 2014

Cara atau langkah mempraktekkan Percakapan dalam Bahasa Inggris



Cara atau langkah mempraktekkan Percakapan dalam Bahasa Inggris

Sebelum melakukan percakapan yang sebenarnya, coba kita berlatih membuat kalimat-kalimat pendek dalam bahasa Indonesia terlebih dahulu. Karena bahasa Indonesia adalah bahasa pertama kita dan bahasa yang biasa kita pakai sehari-hari. Namun, perlu diketahui bahawa walaupun kita selalu bicara bahasa Indonesia, kita biasanya tidak tahu  susunan kalimat bahasa Indonesia yang baik daan benar. Apalagi bahasa Indonesia yang formal (resmi). Inilah masalahnya. Kita sering tergesa-gesa ingin langsung berbicara dalam bahasa inggris dengan memaksakan diri. Seharusnya, menurut saya baguskan dan lancarkan terlebih dahlu bahasa Indonesianya. Dengan demikian ketika kita mencoba mengalihkannya kedalam bahasa inggris maka akan terasa lebih mudah, karena ada beberapa kalimat bahasa inggris yang hamper sama susunan kalimatnya. Coba kita perhatikan rumus kedua bahasa Indonesia dan rumus bahasa inggris. Rumus umum bahasa indonesia adalah S+KATAKERJA+OBJECT begitu juga rumus secara umum bahasa inggris S+VERB+OBJECT.

Ketika berlatih membuat kalimat-kalimat bahasa Indonesia, coba kita berusaha mengetahui arti dari kosa kata itu, apa bahasa inggrisnya. Jika disetiap kalimat yang kita buat terdapat kata yang kita tidak tahu bahasa inggrisnya, segeralah cari tahu apa bahasa inggrisnya, kemudian tulis di buku catatan. Ketika menuliskan kata itupun kita harus mengetahui termasuk jenis kosa kata apa yang kita tulis itu. Apakah kata kerja, kata sifat, kata keterangan dan lain-lain.

Selanjutnya, ketika kita membuat kalimat-kalimat pendek, kita harus tahu kalimat apa yang kita sebutkan itu. Apakah kalimat Positif, kalimat Negative atau kalaimat Tanya. Dengan mengetahui kalimat yang kita sebutkan itu, memudahkan kita bagaimana menterjemahkannya dalam bahasa inggris.

Berikutnya, ketika kita berlatih membuat kalimat-kalimat pendek dalam bahasa Indonesia, kita harus berusaha mengetahui Tenses apa yang kita sebutkan dalam kalimat-kalimat pendek itu. Apakah kalimat itu tenses; present tense tobe, simple present tense, simple past tense, past tense tobe atau yang lain-lainnya.

Saya kasih contoh, ketika kita mengucapkan kalimat-kalimat pendek.
Dia tidak biasanya mengerjakan pekerjaan itu dimalam hari.
Umpamanya kita tidak tahu apa bahasa inggrisnya mengerjakan, maka segeralah mencarinya dalam kamus dan menuliskannya juga jenis kata apa mengerjakan itu. Terus, kalimat apakah itu. Kita tahu bahwa itu adalah kalimat negative, karena dalam kalimat itu ada kata “tidak”.

Tulis seperti ini
Mengerjakan = do bisa juga does bisa juga did / verb = kata kerja
Tensesnya adalah simple present tense. Maka kita pakai kata kerja do. Maka kalimat bahasa inggrisnya seperti ini.
“ she does not usually do that work in the evening”.
Coba terjemahkan juga kalimat-kalimat ini.
Kami akan mencoba mencari sesuatu yang baru
Dia tidak ada di rumahnya tadi malam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diharapkan komentar yang baik dan sopan!